Home Informasi Manfaat Micin sebagai Pakan Aditif untuk Ayam Broiler
Micin MSG Micin MSG

Manfaat Micin sebagai Pakan Aditif untuk Ayam Broiler

Manfaat Micin sebagai Pakan Aditif untuk Ayam Broiler

Micin biasanya sering digunakan sebagai bumbu penyedap hidangan makanan. Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) merupakan semacam aditif yang dicampurkan di hidangan makanan sehingga akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat dibandingkan hanya diberikan gula dan garam. Secara spesifik micin atau MSG digunakan sebagai penyedap rasa.
Namun ternyata selain untuk penyedap rasa, MSG ini ternyata memiliki keuntungan atau manfaat lain apabila diberikan ke ternak. Hal itu karena MSG tersusun dari mineral berupa Sodium (Na) dan asam glutamat yang merupakan asam amino.
Sodium biasanya dimanfaatkan ayam untuk menjaga tekanan osmotik sel sedangkan asam amino merupakan senyawa penyusun protein sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan ayam.
Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan performa pertumbuhan yang lebih baik, ada baiknya Anda bisa memanfaatkan micin atau MSG sebagai pakan aditif ayam broiler Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan apabila Anda memanfaatkan micin (MSG) sebagai imbuhan pakan ayam.

Meningkatkan Performa Pertumbuhan Ayam

Monosodium Glutamat (MSG) dalam penelitian ternyata dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan ayam broiler menjadi lebih baik namun tetap dengan dosis dan takaran yang benar.
Dosis yang dianjurkan dalam penelitian tersebut adalah dengan menggunakan takaran 7.5 mg, 15 mg, dan 22.5 mg dengan cara dicampurkan ke dalam pakan ayam broiler. Pemberian tambahan MSG dalam pakan tersebut terbukti meningkatkan konsumsi pakan sebanyak 20%.
Apabila dosis MSG yang diberikan tersebut terlalu banyak, maka dapat membahayakan sel syaraf dan membuat ayam menjadi keracunan, sehingga bukannya performanya naik, tetapi malah menimbulkan kerugian. Dalam hal ini, sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam mencampurkan MSG ke dalam pakan ternak.
Pemberian micin MSG yang disarankan adalah dengan memberikannya selama 3 minggu pertama. Dalam sebuah penelitian, pemberian MSG tersebut dapat memacu pertumbuhan ternak.

Mempengaruhi Struktur Mikroanatomi Ren (Ginjal) Ayam

Ren atau ginjal merupakan organ yang berperan penting terhadap pengaturan keseimbangan air dan metabolit dalam tubuh serta mempertahankan keseimbangan asam basa dalam darah. Ren juga berfungsi sebagai organ yang mengekskresi berbagai sisa metabolisme di dalam tubuh.
MSG merupakan salah satu alternatif pakan tambahan yang proses biokimianya bersinggungan dengan ren. Apabila pemberian MSG ini dalam kadar di atas normal atau berlebihan, ren tidak mampu dalam menjaga keseimbangan metabolitnya, sehingga ternak akan mengalami keracunan.
Selain itu, adanya pemberian yang berlebihan ini juga berpengaruh terhadap kerusakan struktur mikroanatomi di dalam organ ren.
Pemberian MSG dalam kadar yang tepat memang dapat bermanfaat dalam peningkatan performa produksi ayam broiler, namun juga perlu diingat bahwa pemberian di atas kadar toleransi dapat menimbulkan efek yang berbahaya terhadap kelangsungan hidup ayam.
Bukannya Anda mendapatkan keuntungan dari produksi ayam broiler, justru Anda malah medapatkan kerugian.
Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *