Home Informasi Probiotik Inovasi Terbaru Untuk Mendukung Keberlanjutan Industri Peternakan Ayam Broiler

Probiotik Inovasi Terbaru Untuk Mendukung Keberlanjutan Industri Peternakan Ayam Broiler

Meningkatnya permintaan daging ayam broiler diiringi dengan kekhawatiran dampak lingkungan dan kesehatan dari industri peternakan. Penggunaan antibiotik yang berlebihan untuk meningkatkan pertumbuhan ayam broiler telah memicu resistensi antibiotik, yang merupakan ancaman kesehatan global. Selain itu peternakan ayam broiler menghasilkan limbah yang signifikan, yang dapat mencemari lingkungan.

Probiotik menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan ini. Probiotik adalah imbuhan pakan dalam bentuk mikroba hidup yang menguntungkan. Mikroba hidup tersebut yang memberikan manfaat kesehatan bagi ayam broiler. Pemberian probiotik terbukti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan performa pertumbuhan ayam broiler.

Manfaat Probiotik Untuk Industri Peternakan Ayam Broiler

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Probiotik membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam broiler dengan beberapa cara yaitu, probiotik membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi. Probiotik juga membantu meningkatkan produksi antibodi yang melindungi ayam broiler dari penyakit, sehingga mengurangi penggunaan antibiotik.
  2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan.
    Probiotik membantu memelihara keseimbangan mikroflora di usus ayam broiler. Mikroflora usus yang sehat memiliki populasi bakteri baik yang dominan. Probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan mikroflora usus dengan beberapa cara seperti menambah bakteri baik ke usus, menghasilkan senyawa antimikroba, meningkatkan pencernaan dengan menghasilkan enzim pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi, mencegah dan mengobati penyakit seperti diare, sembelit, alergi, dan penyakit inflamasi usus. Cara di atas pada akhirnya dapat meningkatkan performa pertumbuhan ayam.
  3. Meningkatkan Kualitas Daging.
    Probiotik membantu meningkatkan kualitas daging ayam broiler dengan mengurangi lemak dan meningkatkan kandungan protein. Beberapa contoh cara kerja probiotik untuk meningkatkan kualitas daging yaitu, meningkatkan aktivitas enzim pencernaan (protease, lipase, dan amilase) dimana enzim-enzim tersebut membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat dalam pakan sehingga ayam mendapatkan lebih banyak nutrisi, meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA) di dalam usus yang membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, kesehatan usus dan meningkatkan rasa dan tekstur daging, dan mengurangi stress ayam broiler dengan mengurangi produksi hormon stress seperti kortisol.
  4. Mengurangi Dampak Lingkungan.
    Probiotik membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan limbah dari peternakan ayam broiler. Probiotik bekerja meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi pada ayam broiler, sehingga ayam broiler menghasilkan feses yang lebih sedikit dan otomatis mengurangi emisi gas metana. Probiotik juga membantu mengurangi nitrogen dan fosfor dalam feses ayam yang dapat mencemar air, sehingga menyebabkan eutrofikasi

Jenis dan Contoh Produk Probiotik

Ada banyak jenis probiotik yang berbeda. Beberapa jenis probiotik yang umum digunakan untuk meningkatkan kesehatan mikroflora usus, yaitu :

  1. Lactobacillus
  2. Bifidobacterium 
  3. Saccharomyces boulardii

Beberapa contoh produk probiotik untuk ayam broiler : 

  1. Pro-Bio
  2. Bio-Min
  3. Lacto-S
  4. EM-4
  5. Starbio

Cara Pemberian Probiotik Untuk Ayam Broiler

  1. Dicampurkan dengan air minum
  2. Dicampurkan dengan pakan
  3. Disemprotkan ke kandang
  4. Diberikan melalui kapsul

Meskipun probiotik menawarkan banyak manfaat, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan probiotik yang lebih efektif dan spesifik untuk kebutuhan ayam broiler. Inovasi dalam formulasi dan aplikasi probiotik akan terus meningkatkan manfaatnya bagi industri peternakan ayam broiler 

Baca Juga : https://blog.broilerx.com/blog/risiko-usaha-bisnis-peternakan-ayam-broiler/

Probiotik merupakan inovasi baru yang dapat mendukung keberlanjutan industri peternakan ayam broiler. Probiotik menawarkan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan dan keberlanjutan ayam broiler, serta meningkatkan kualitas daging dan mengurangi dampak lingkungan. Dengan riset dan inovasi yang berkelanjutan, probiotik akan memainkan peran penting dalam masa depan industri peternakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share artikel ini ke media platform lain dan baca artikel lain dari BroilerX! 

Referensi : 

Desrini, S. 2015. Resistensi Antibiotik, Akankah Dapat Dikendalikan?. JKKI: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, i-iii.
Jaelani, A., Gunawan, A., dan Syaifuddin, S. 2014. Pengaruh Penambahan Probiotik Starbio Dalam Ransum Terhadap Bobot Potong, Persentase Karkas dan Persentase Lemak Abdominal Ayam Broiler. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 39(2), 85-94. Akhadiarto, S. (2010). Pengaruh Pemberian Probiotik Temban, Biovet dan Biolacta Terhadap Persentase Karkas, Bobot Lemak Abdomen dan Organ Dalam Ayam Broiler. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 12(1).
Hadist, I. 2016. Pengaruh Pemberian Herbal Yang Mengandung Probiotik Dalam Air Minum Terhadap Palatabilitas Ransum Ayam Broiler The Effect of Herbs That Contain Probiotics in Drinking Water on Broiler Chicken Feed Palatability. Janhus Jurnal Ilmu Peternakan Journal of Animal Husbandry Science, 1(1), 1-7.
Ferdian, P. R. 2016. Potensi Senyawa Asam Lemak Rantai Pendek Sebagai Aktivator Langsung Ampk Secara In Silico Untuk Terapi Sindrom Metabolik (Doctoral dissertation, Bogor Agricultural University (IPB)).
Kompiang, I. P. 2009. Pemanfaatan Mikroorganisme Sebagai Probiotik Untuk Meningkatkan Produksi Ternak Unggas di Indonesia. Pengembangan Inovasi Pertanian, 2(3), 177-191.

Penulis : Sharla Febrianty

Penyunting : Adelia Dwi Chahyani

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *