Home Informasi Perilaku Kanibalisme Ayam: Faktor dan Cara Pencegahannya

Perilaku Kanibalisme Ayam: Faktor dan Cara Pencegahannya

Apa yang Dimaksud dengan Perilaku Kanibalisme?

Kanibalisme pada unggas—termasuk ayam—adalah tindakan saling memangsa sesamanya yang bisa terjadi karena berbagai faktor. Perilaku ini telah lama menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian peternak. Hal ini karena kanibalisme dapat menyebabkan peningkatan kematian pada ayam. Baik secara langsung sebab kanibalisme itu sendiri maupun secara tidak langsung seperti penyebaran penyakit melalui luka-luka yang muncul akibat perilaku kanibalisme. 

ayam broiler

Faktor Terjadinya Perilaku Kanibalisme

Sampai saat ini, perilaku kanibalisme sayangnya belum bisa dipahami sepenuhnya apa yang menjadi akar masalahnya. Meski begitu ada beberapa faktor yang diduga sering menjadi penyebab perilaku tersebut.

  1. Intensitas Cahaya dan Panas yang Berlebihan

Ayam sebagaimana unggas pada umumnya, punya suhu optimal untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Suhu yang paling nyaman untuk ayam setidaknya berada di kisaran 18-24 derajat Celcius. Rentang toleransi suhu yang sempit ini karena ayam secara alami tidak memiliki kelenjar keringat untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Ketika intensitas suhu tersebut melebihi ambang batas toleransi ayam, mereka akan gelisah dan menjadi aktif secara berlebihan. Hal ini membuat ayam berubah agresif dan mematuk sesamanya, menjadi penanda perilaku kanibalisme.

  1. Kepadatan Kandang yang Berlebihan

Ayam yang sehat secara alami memiliki berbagai cara untuk mengekspresikan kondisinya. Salah satunya dapat diamati dari keaktifan gerak ayam tersebut untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya seperti mematuk litter. Ketika kandang memiliki kepadatan populasi yang berlebih, ruang gerak ayam akan terbatas dan ini mendorong mereka mengekspresikan keaktifan mereka dengan mematuk sesamanya. Luka yang timbul akibat dipatuk tadi akan memicu ayam lain termotivasi untuk mematuk ayam lain.

Baca Juga: Ayam broiler besar apakah karena hormon?

Lakukan Ini Untuk Mencegah Perilaku Kanibalisme!

Ada beberapa metode umum dilakukan untuk mencegah perilaku kanibalisme ini:

  1. Pemotongan Paruh

Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi kemampuan ayam melukai satu sama lain. Teknik ini harus dilakukan oleh tenaga ahli untuk menghindari stres atau cedera yang berlebihan.

  1. Mengatur Kepadatan Kandang 

Kepadatan kandang yang optimal selain mendorong ayam tumbuh hingga maksimal juga dapat mencegah perilaku kanibalisme. Kandang yang terlalu padat akan memicu munculnya perilaku agresif pada ayam

  1. Menjaga Suhu dan Intensitas Cahaya 

Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau sering berkedip karena dapat meningkatkan stres. Pencahayaan yang terlalu lama juga dapat memicu kanibalisme, jadi gunakan pencahayaan yang sesuai dengan siklus alami ayam.

Tentang BroilerX

BroilerX adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada transformasi digital di sektor peternakan ayam broiler di Indonesia. Berkomitmen mensejahterakan peternak mitra, BroilerX kini telah menyebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Mulai dari Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Lombok, bahkan hingga Banjarmasin. Melalui ekosistem industri peternakan yang komprehensif, BroilerX menyediakan akses kepada mitra mulai dari perencanaan hingga tahapan distribusi panen.

Menghadirkan dua produk unggulan—Smart Tech IoT dan BroilerX App—BroilerX menawarkan kemudahan mengelola dan mengatur lingkungan kandang secara optimal berkat kecanggihan Smart Tech IoT sehingga peternak dapat menikmati peningkatan performa ayam sekaligus efisiensi biaya produksi. Sementara itu, BroilerX App memberikan kemudahan pencatatan indikator penting seperti FCR, deplesi, feed intake, dan Index Performance (IP). Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui genggaman tangan.

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *