Home Edukasi Manfaat Daging Ayam & Telur untuk Mencukupi Kebutuhan Harian
Ayam broiler menghadap ke kiri, ke arah kamera. Ayam broiler menghadap ke kiri, ke arah kamera.

Manfaat Daging Ayam & Telur untuk Mencukupi Kebutuhan Harian

Daging ayam dan telur memiliki segudang manfaat untuk mencukupi kebutuhan harian, kandungan gizinya dipercaya memiliki peranan besar untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu, daging ayam dan telur juga memberikan dampak positif untuk menjaga kesehatanmu loh

Satu potong daging ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral. Protein yang terkandung di dalam daging ayam juga berperan penting terhadap membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kemudian vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya meliputi, vitamin B12, zat besi, dan selenium berperan untuk menjaga fungsi tubuh agar memberikan kinerja optimal. 

Telur juga menyediakan protein yang berkualitas tinggi loh! Telur kaya akan omega-3 yang memberikan efek manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsi. Protein telur juga dapat menjaga massa otot sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas harian yang tinggi tanpa takut mengalami defisiensi yang menghambat kinerjamu. 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daging ayam dan telur sehingga dengan mengonsumsinya kamu tidak takut lagi kebutuhan harianmu tidak terpenuhi

Daging Ayam dan Telur mengandung Protein yang Berkualitas

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel.

Di dalam 100 gram daging ayam tanpa kulit mengandung sekitar 27 gram protein, sedangkan di dalam 100 gram telur terkandung 13 gram protein. Mengonsumsi daging ayam dan telur dapat memperbaiki massa ototmu, sehingga sangat sesuai untuk kamu yang memiliki aktivitas tinggi di luar ruangan. 

Protein yang terkandung di dalam daging ayam dan telur merupakan protein yang sangat mudah tercerna oleh tubuh. Dengan tingkat serapannya yang tinggi, membuatnya menjadi salah satu komoditas pangan yang dipercaya untuk mengembalikan energi yang terbuang oleh tubuh. 

Daging Ayam Kaya Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan nutrisi yang berperan penting untuk menjaga sistem saraf dan produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 juga tidak bisa dianggap remeh, karena dapat menyebabkan anemia, kelelahan berlebihan, dan kerusakan saraf. 

Daging ayam adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu karena di dalam 100 gram daging ayam tanpa kulit, terkandung vitamin B12 sebesar 0,5 mcg yang memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin B12 harian tubuh. 

Daging Ayam Mengandung Zat Besi

Zat besi yang terkandung di dalam daging ayam bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah. Di dalam 100 gram daging ayam tanpa kulit terdapat sekitar 1,5 mg zat besi, yang memenuhi sekitar 10% kebutuhan harian tubuh. 

Zat besi memberikan manfaat tubuh agar tidak mudah terjangkit anemia, meningkatkan kualitas energi, dan mendukung fungsi kognitif tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh dan berkembang.

Baca Juga: Ayam Broiler vs Ayam Kampung

Kandungan Omega-3 Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Otak, dan Mata

Asam lemak omega-3 merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, selain memberikan dampak positif untuk memenuhi kebutuhan harian, manfaat lain yang didapatkan dari konsumsi omega-3 adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, dan menguatkan fungsi organ mata. 

Omega-3 membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko peradangan dalam sirkulasi darah. Omega-3 juga dapat memperbaiki profil lipid darah, sehingga kandungan senyawa tersebut dapat menyeimbangkan rasio kolerterol baik dan jahat di dalam darah. 

Kandungan DHA dalam omega-3 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, yang mana DHA juga bagian penting yang menjadi komponen utama dari retina mata. 

Secara umum, konsumsi daging ayam dan telur jika dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan, maka dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan organ tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya menjadikan senyawa komplek yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Tentang BroilerX

BroilerX adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada transformasi digital di sektor peternakan ayam broiler di Indonesia. Berkomitmen mensejahterakan peternak mitra, BroilerX kini telah menyebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Mulai dari Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Lombok, bahkan hingga Banjarmasin. Melalui ekosistem industri peternakan yang komprehensif, BroilerX menyediakan akses kepada mitra mulai dari perencanaan hingga tahapan distribusi panen.

Menghadirkan dua produk unggulan—Smart Tech IoT dan BroilerX App—BroilerX menawarkan kemudahan mengelola dan mengatur lingkungan kandang secara optimal berkat kecanggihan Smart Tech IoT sehingga peternak dapat menikmati peningkatan performa ayam sekaligus efisiensi biaya produksi. Sementara itu, BroilerX App memberikan kemudahan pencatatan indikator penting seperti FCR, deplesi, feed intake, dan Index Performance (IP). Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui genggaman tangan.

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *