Home Edukasi Tips Tahan Puasa Dengan Konsumsi Telur
Carcass Carcass

Tips Tahan Puasa Dengan Konsumsi Telur

Saat menjalani ibadah puasa, menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi sangat penting untuk memastikan tetap energik dan sehat sepanjang hari. Salah satu makanan yang dapat membantu merasa kenyang dan menjaga energi selama puasa adalah telur.

Telur kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya yang dapat menjadi pilihan makanan yang baik saat sahur maupun berbuka puasa. Dalam panduan ini, Anda akan menemukan berbagai tips untuk tahan lapar saat puasa dengan memanfaatkan konsumsi telur. Dengan memperhatikan tips ini, Brotizen dapat memastikan bahwa puasa Anda tetap berjalan lancar tanpa merasa lapar atau kekurangan energi. Mari kita mulai dengan tips pertama.

Ketahui Kandungan Dalam Telur

  1. Protein
    • Telur mengandung protein tinggi yang membantu dalam mempertahankan kenyang lebih lama. Protein juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat mengurangi rasa lapar.
  2. Lemak Sehat
    • Telur mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 yang juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  3. Kandungan Nutrisi Lainnya
    • Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memperlambat proses pencernaan, yang pada gilirannya dapat membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Tips Konsumsi Telur Saat Puasa

Disarankan untuk mengonsumsi telur utuh (telur dengan kuning dan putih) dibandingkan hanya mengonsumsi bagian putih telur saja. Telur utuh mengandung lebih banyak nutrisi, termasuk lemak sehat dan vitamin

Cara Mengolahnya
Beberapa cara untuk mengolah telur yang dapat membantu membuat perasaan kenyang lebih lama, diantaranya:

  1. Telur Rebus
    • Telur rebus merupakan pilihan yang baik karena tidak memerlukan tambahan lemah dan menyediakan protein serta nutrisi dengan cara yang mudah dicerna.
  2. Telur Dadar
    • Telur dadar dengan sedikit minyak atau mentega juga dapat menjadi pilihan yang baik. Mengombinasikan telur dengan sedikit sayuran seperti bayam atau tomat dapat menambah kandungan serat dan nutrisi lainnya.
  3. Jumlah Konsumsi yang Dianjurkan
    • Untuk mendapat manfaat kenyang yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu hingga dua telur setiap sahur. Namun, jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu.
  4. Kombinasi dengan Makanan Lain
    • Agar manfaat telur untuk merasa kenyang lebih lama dapat maksimal, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan makanan lain yang kaya serat dan protein, seperti:

Sayuran Mengonsumsi telur bersama dengan sayuran seperti bayam, brokoli, atau wortel dapat menambah kandungan serat dan membuat perasaan kenyang lebih lama.

Karbohidrat kompleks: Mengonsumsi telur bersama dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memberikan energi yang bertahan lama.

Dengan memanfaatkan telur dengan cara yang tepat dan mengombinasikannya dengan makanan lain yang sehat, Anda dapat merasa kenyang lebih lama selama berpuasa.

Penulis: Sharla Febrianty

Penyunting : Adelia D Chahyani

Tentang BroilerX

BroilerX merupakan perusahaan startup teknologi peruggasan yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’. BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.

Keterangan lebih lanjut:
BroilerX
Adelia Chahyani
Digital Marketing
Email: [email protected]

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *