Home Informasi Targetkan Pembiayaan Rp100 Miliar, BroilerX bersama Qazwa Dukung Transformasi Digital Peternak Ayam Indonesia

Targetkan Pembiayaan Rp100 Miliar, BroilerX bersama Qazwa Dukung Transformasi Digital Peternak Ayam Indonesia

Prasetyo

Jakarta, 27 Februari 2024 – BroilerX sebagai perusahaan teknologi memiliki fokus pada transformasi digital di sektor peternakan ayam broiler di Indonesia. Berkomitmen menyejahterakan peternak mitra, BroilerX kini mulai menyebar di wilayah Indonesia, di antaranya regional Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Lombok, bahkan Samarinda. Berkolaborasi dengan Qazwa yang merupakan platform peer-to-peer (P2P) landing syariah, Broiler membuka kesempatan pembiayaan untuk mitra peternak sampai 300juta per orang.


Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan I 2023 lalu membeberkan bahwa sektor peternakan memberikan sumbangsih sebesar 1,56% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, tumbuh empat poin dari PDB tahunan di 2022. Melalui sektor peternakan ini, komoditi unggas sendiri telah memiliki kontribusi sebesar 60% terhadap PDB peternakan Indonesia. BPS turut menyatakan bahwa selama tahun 2023, permintaan ayam daging ras mengalami kenaikan hingga 9,7% dan produksi jenis ayam ini turut naik 9,1% dari tahun sebelumnya. Inilah yang kemudian menjadi bukti absah besarnya potensi pasar di sektor peternakan.


“Berjalan dengan komitmen kami untuk #SelaluKasiLebih, Qazwa berusaha untuk memperluas akses pembiayaan ke semua sektor UMKM. Dengan merambahnya akses pembiayaan syariah ke sektor peternakan ayam, kami menyadari ada potensi besar yang bisa dimaksimalkan. Oleh karenanya, inklusivitas pembiayaan syariah yang berusaha kami hadirkan dengan menggandeng BroilerX ini diharapkan mampu mewujudkan kolaborasi yang #LebihBerdampak pada kemajuan ekonomi Indonesia sehingga pengimplementasian inovasi digital bisa lebih luas dan mampu mendongkrak kesejahteraan peternak ayam Indonesia,” ucap Chief Executive Officer Qazwa Dikry Paren.


Sistem pembiayaan Qazwa yang digunakan dalam kolaborasi ini berbasis ecosystem financing yang memaksimalkan ekosistem kemitraan BroilerX yang turut memfasilitsasi peternak ayam Indonesia untuk mengakses permodalan. Pada implementasinya, para peternak ayam binaan BroilerX yang terjalin dalam program pembiayaan ini mampu meningkatkan produktivitas peternakan mereka dengan adanya tambahan modal melalui proses crowdfunding pada aplikasi Qazwa.

Dengan menjadi mitra kolaborasi BroilerX, Qazwa bersama BroilerX dapat memperluas dampak positif ekosistem digital kepada mitra peternak ayam yang dimiliki. BroilerX sendiri berhasil menciptakan ekosistem digital dan keberlanjutan yang mumpuni. Ekosistem yang BroilerX bangun telah dibekali berbagai macam layanan mulai dari program kemitraan dan pembiayaan kepada peternak ayam, memaksimalkan teknologi internet of things (IoT) dan aplikasi untuk membantu peternak memonitor peternakannya, dan proses end-to-end yang dapat memudahkan peternak mitra BroilerX mulai dari proses pemeliharaan hingga penjualan.


“Kami sadar betul bahwa dewasa ini peternak ayam Indonesia masih menghadapi beragam masalah mulai dari saat proses mereka membesarkan ayam sampai mencari penjual hingga mendapatkan akses ke permodalan. Bahkan, lebih dari 60% peternak ayam Indonesia masih tergolong unbankable. Oleh karenanya, BroilerX sebagai perusahaan teknologi melihat elemen penting kolaborasi dalam mencapai tujuan besar untuk memajukan sektor ini. Dengan adanya mitra yang tepat seperti Qazwa untuk memberikan akses kepada pembiayaan syariah, kami optimis dapat mendongkrak produktivitas dan penjualan yang dimiliki oleh mitra peternak ayam BroilerX. Kami berharap, dengan terjalinnya kerja sama dengan Qazwa dalam menyediakan pembiayaan syariah peternak ayam di seluruh Indonesia dapat merasakan dampak positifnya,” ujar Chief Executive Officer BroilerX Prastyo Ruandhito.


BroilerX sendiri sudah memberdayakan ratusan peternak mitra di seluruh area binaan. Tahun ini, BroilerX menargetkan menjangkau lebih banyak komunitas peternak di Indonesia. BroilerX berusaha mencapai target pertumbuhan 3,5 kali lipat dibanding tahun 2023 dengan memperhatikan profitability dan kesejahteraan peternak mitra. Target-target yang BroilerX bangun juga telah selaras dengan apa yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia guna mencapai ketahanan pangan utamanya pada sektor peternakan ayam.

Tentang BroilerX
BroilerX merupakan perusahaan startup teknologi peruggasan yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’.

BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.


Keterangan lebih lanjut:
BroilerX
Adelia Chahyani
Digital Marketing
Email: [email protected] Mobile: (+62) 811-2648-133

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *