Home Informasi Candidiasis pada Ayam Broiler : Penyebab dan Cara Mengatasinya
candidiasis candidiasis

Candidiasis pada Ayam Broiler : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ayam broiler memiliki desain genetik yang berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Ayam broiler memiliki sistem imun yang rendah dan sangat rentan terhadap penyebaran penyakit akibat virus, bakteri, maupun jamur. Salah satu penyakit jamur yang menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi peternak adalah candidiasis.

Candidiasis merupakan penyakit yang menyerang ayam broiler yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah salah satu spesies jamur penyebab penyakit Candidianis. 

Penyerangan penyakit Candidianis tergantung dari tingkat kekebalan tubuh ayam, perubahan cuaca yang ekstrem, dan kualitas pakan yang diberikan kepada ayam. 

Jamur Candida albicans

Jamur Candida albicans merupakan spesies jamur flora normal yang biasanya menyerang pada bagian saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan bagian vagina ayam. 

Jamur ini bisa hidup dan tumbuh dalam suhu yang berbeda, untuk beberapa variasi jamur yang memiliki pH 4,5 sampai 6,5 dapat hidup dan tumbuh pada lingkungan yang memiliki suhu 28 sampai 37 derajat celcius.

Jamur Candida albicans memiliki sifat koloni yang unik, seperti permukaan koloni yang licin, halus, berwarna putih kekuningan dan memiliki aroma yang khas seperti ragi. 

Diagnosa dan Gejala yang Ditimbulkan

Beberapa gejala yang ditampilkan tidak berbeda jauh dari gejala penyakit lainnya, seperti bulu yang lebih kusam, ayam tidak lincah dan tidak nafsu makan, diare, serta pertumbuhan menjadi terhambat. 

Akan tetapi, gejala klinis bisa dilihat dari adanya luka di bagian mulut dan tembolok ayam. Apabila sudah kronis, di bagian tembolok akan ada benjolan berwarna putih kekuningan. 

candidiasis ayam broiler
candidiasis ayam broiler

Cara Penanganan Candidiasis

Cara ampuh untuk mengatasi penyakit akibat jamur Candida albicans adalah dengan menggunakan copper sulfat. 

Apabila peternak mendapati ayamnya tengah terserang penyakit ini, maka bisa menggunakan laruan copper sulfat dengan takaran 1:2000, yang berarti 1 bagian cooper sulfat dapat dilarutkan ke dalam 2000 liter air. Peternak juga bisa menggunakan obat kumur gentian violet dengan takaran 220 mg/kg pakan ayam. 

Beberapa jenis obat-obatan tersebut dapat ditemukan di toko online atau toko hewan terdekat dengan lokasi kandang pemliharaan. 

Pencegahan Candidiasis

Umumnya jamur dapat hidup dan berkembang di dalam lingkungan yang lembab dan memiliki suhu yang dingin. 

Penting bagi peternak untuk memperhatikan berbagai hal kecil yang bisa saja menjadi salah satu carier pembawa jamur ke dalam kandang, mulai dari faktor lalu lintas kandang, pekerja kandang, maupun program biosecurity yang tidak dijalankan secara maksimal. 

Selain itu, peternak harus ketat juga dalam menjalankan manajemen pakan yang diberikan kepada ayam. Pakan ayam yang memiliki kualitas nutrien yang tidak sesuai dengan takaran, terkadang juga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit akibat dari metabolisme yang tidak stabil. 

Baca Juga : Necrotis Enteritis pada Ayam Broiler dan Cara Mengatasinya

Monitor dan evaluasi secara berkala manajemen pemeliharaanmu dengan produk IoT dari BroilerX!

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *