Home Informasi Ayam broiler besar apakah karena hormon?

Ayam broiler besar apakah karena hormon?

Ayam broiler dapat mencapai berat tertentu dengan waktu pemeliharaan yang singkat. Apakah ini dikarenakan faktor hormon? Atau ayam yang ada disuntikkan dengan hormon pertumbuhan? Silahkan baca artikel berikut ini agar mendapatkan pengetahuan yang lebih.
Share Artikel ini ke:

Banyak diantara masyarakat yang bertanya, ayam broiler bisa besar dengan waktu yang relatif cepat (panen di usia 28 s/d 35 hari) apakah karena dipengaruhi oleh hormon yang disuntikkan pada ayam? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah salah. Mengapa ayam broiler dapat besar dengan waktu yang relatif cepat dikarenakan adanya faktor Genetik yang baik dari ayam broiler tersebut.
Untuk mendapatkan strain ayam broiler dibutuhkan seleksi dan perkawinan yang ketat pada ayam yang memiliki genetik terbaik dalam proses pertumbuhan ayam. Proses ini membutuhkan waktu selama puluhan tahun, bahkan bisa jadi sampai ratusan tahun melalui penelitian yang dilakukan oleh para ahli ataupun breeders.

Prinsip dari penelitian yang dikerjakan adalah melandasi teori berupa Performa (P) makhluk hidup akan dikatakan baik jika ada hubungan yang baik antara Genetik (G) dan Lingkungan (E), dan secara teori akan dirumuskan menjadi P = G + E.

Sehingga selain Genetik yang baik, juga harus didukung dengan Lingkungan yang baik pula. Adapun yang dimaksud dengan lingkungan diantaranya adalah : kualitas pakan dan air minum, kandang, kondisi pemeliharaan, sanitasi kandang, dll.

Oleh karena itu, dalam pemeliharaan ayam broiler membutuhkan beberapa syarat, diantaranya adalah selain dipelihara pada kandang yang layak, juga ayam harus mendapatkan kualitas pakan, air minum, dan lingkungan yang layak pula.

Ingin mendapatkan artikel yang menarik kembali? Silahkan tetap bergabung di broilerx.com, kami akan berikan informasi yang menarik tentang perkembangan dunia perunggasan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *