Home Informasi Alasan Ayam Broiler Final Stock Sudah Tidak Dapat Dikawinkan Lagi
Perunggasan, Teknologi Digital dan Revolusi Industri 4.0 Perunggasan, Teknologi Digital dan Revolusi Industri 4.0

Alasan Ayam Broiler Final Stock Sudah Tidak Dapat Dikawinkan Lagi

Alasan Ayam Broiler Final Stock Sudah Tidak Dapat Dikawinkan Lagi

Ayam broiler merupakan salah satu komoditas peternakan yang menghasilkan produk pokok berupa daging untuk masyarakat. Keberadaan ayam broiler sangatlah penting untuk keberlangsungan pemenuhan protein hewani skala nasional.

Permintaan masyarakat tersebut yang membuat ayam broiler menjadi berkembang pesat dalam kurun waktu satu dekade ini. Hal tersebut tidak jarang beberapa masyarakat mulai mencoba untuk membibitkannya.

Akan tetapi, apakah ayam broiler final stock sudah tidak dapat dikawinkan lagi? Sebelum membahas hal ini, alangkah baiknya kita mengenal istilah final stock, parent stock, dan grand parent stock terlebih dahulu.

Perbedaan Ayam Broiler Final Stock (FS), Parent Stock (PS), dan Grand Parent Stock (GPS)

Mengetahui perbedaan antara FS, PS, dan GPS sangat penting karena akan berdampak pada perkembangan genetik dari ayam tersebut sebelum disebarluaskan kepada masyarakat.

Ayam Broiler Final Stock Sudah Tidak Dapat Lagi Dikawinkan

Berdasarkan ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa perkembangan ayam broiler untuk menjadi FS dan sudah siap untuk disebarluaskan. Ayam broiler FS adalah produk akhir dari persilangan berbagai macam ayam yang memiliki sifat unggul sehingga akan tercipta galur murni (pure line) yang siap disilangkan lagi untuk mendapatkan ayam dengan salah satu genetik yang menonjol (GPS).

GPS ini lah yang akan menjadi cikal bakal untuk mendapatkan ayam broiler, seperti yang kita lihat sekarang ini. GPS adalah ayam broiler yang memiliki salah satu genetik produktivitas yang unggul akan tetapi masih belum optimal.

Untuk mendapatkan genetik produksi yang lebih unggul ini lah diperlukan persilangan antar GPS untuk mendapatkan ayam yang memiliki performa yang lebih baik dari sebelumnya sehingga menghasilkan PS.

PS adalah indukan yang menentukan keberhasilan dibentuknya ayam broiler FS yang memiliki produktivitas yang cepat akan tetapi dengan bobot badan yang lebih baik dari tetua sebelumnya.

Untuk mendapatkan FS yang lebih optimal, ayam broiler PS ini akan disilangkan satu sama lain dengan fokus utama untuk pembentukan daging. Ayam broiler FS adalah produk akhir dari persilangan tetuanya yang berasal dari genetik yang beranekaragam, akan tetapi difokuskan hanya untuk pembentukan daging.

Sekarang ini, kita bisa melihat bahwa ayam broiler yang beredar di masyarakat hanya berfokus untuk dibesarkan. Karena fokus utama dari dibentuknya ayam broiler FS adalah diperoleh ayam broiler yang hanya menghasilkan daging maksimum akan tetapi dalam kurun waktu yang cepat serta dengan konsumsi pakan yang minimal.

Ayam broiler FS adalah produk akhir dari persilangan genetik, sehingga apabila Anda ingin menyilangkannya kembali maka sudah tidak bisa, karena hanya akan memperburuk kualitas genetik yang didapatkan dari keturunan selanjutnya.

Ingin memulai peternakan ayam broiler secara kemitraan? Bergabunglah bersama Broilerx untuk mendapatkan pendampingan hingga kerjasama bisnis budidaya ayam broiler yang menguntungkan!

 

Baca juga artikel menarik berikut ini:

Kenali Cara Bisnis Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan

 

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *