Home Informasi 3 Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler
Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler

3 Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler

Salah satu elemen penting yang bisa digunakan sebagai bahan aditif pakan adalah vitamin. Vitamin memiliki peranan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus menaikkan performa ayam broiler. 

Vitamin terdiri dari berbagai macam senyawa kimia yang bermanfaat bagi sistem metabolisme ayam broiler. Vitamin tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga perlu diberikan secara langsung, baik sebagai imbuhan pakan maupun dengan cara disuntik (injek).

Vitamin tidak lepas dari formulasi pakan ayam broiler. Vitamin berperan penting untuk tambahan pakan agar pakan yang dihasilkan dapat lebih berkualitas. Untuk menghasilkan performa produksi dan hasil panen yang lebih maksimal, kamu harus mulai mempertimbangkan komposisi vitamin sebagai campuran pakan yang diberikan. 

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Performa Ayam Broiler

Berikut ini tiga macam jenis vitamin yang wajib diketahui peternak agar hasil panen ayam broiler lebih maksimal dan menguntungkan.

1. Neobro

Neobro merupakan salah satu jenis vitamin yang memberikan efek pertambahan bobot yang lebih maksimal. Neobro dapat memacu pertumbuhan otot, sehingga akan menghasilkan pertambahan bobot badan yang lebih maksimal. 

Neobro mengandung asam amino dan multivitamin yang dapat dijadikan sebagai suplemen pakan. Biasanya, Neobro digunakan pada ayam broiler yang berumur 0-9 minggu. Takaran pemberian Neobro juga berbeda pada umur 0-6 minggu dan 6-9 minggu. 

Untuk ayam broiler yang berumur 0-6 minggu membutuhkan takaran 1 gram/2 liter atau 1 gram/1 kilogram ransum. Ayam broiler yang berumur 6-9 minggu membutuhkan sekitar 1 gram/3 liter air atau 1 gram/1,5 kilogram ransum. 

Neobro dapat mudah didapatkan dalam bentuk kemasan dengan berbagai macam ukuran, yaitu 5 gram, 10 gram, 100 gram, 250 gram, 10 sachet masing-masing 50 gram, dan 10 sachet masing-masing 100 gram. 

Beberapa manfaat dari produk neobro bagi ayam broiler diantaranya seperti:

  • Mempercepat pertumbuhan ayam broiler
  • Mengurangi angka mortalitas atau kematian
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan ransum
  • Sebagai suplemen pakan yang dapat melengkapi kebutuhan vitamin dan asam amino 
  • Meningkatkan kekebalan tubuh ayam broiler

2. Viterna

Viterna merupakan vitamin yang umum dijumpai di kalangan peternak yang dapat bermanfaat untuk memacu produktivitas ternak. 

Viterna diproduksi oleh PT. Natural Nusantara yang digunakan sebagai nutrisi pakan alami ternak. Viterna dapat diberikan baik untuk ternak ruminansia maupun non ruminansia. 

Beberapa manfaat viterna untuk ayam broiler antara lain:

  • Meningkatkan nafsu makan ayam 
  • Mempercepat pertumbuhan bobot badan
  • Menjaga kesehatan ayam agar tidak mudah terserang penyakit
  • Dapat mengurangi bau kotoran amoniak di dalam kandang 
  • Menurunkan stress pada ayam broiler

3. Masamix Bro Premix (BP)

Masamix BP memiliki peran spesifik, yaitu sebagai suplemen untuk memacu pertumbuhan khusus ayam broiler. Masamix BP mengandung asam amino, enzim, dan asam organik. 

Seperti halnya vitamin pada umumnya, Masamix BP dianjurkan diberikan kepada ayam sebesar 2,5-5kg yang dicampurkan ke dalam 1 ton pakan. Masamix BP dapat digunakan pada ayam broiler yang masih berumur 10 hari hingga panen. 

Adapun beberapa manfaat dari Masamix BP antara lain:

  • Dapat memacu pertumbuhan ayam broiler
  • Meningkatkan kualitas ransum ayam
  • Membantu meningkatkan performa sistem pencernaan
  • Mencegah ayam broiler terkena defisiensi vitamin dan asam amino

Beberapa jenis vitamin tersebut sering digunakan di kalangan peternak untuk memacu produktivitas ayam broiler agar lebih optimal. 

Vitamin merupakan pakan aditif yang penggunaannya hanya sebagai pelengkap atau campuran ransum pakan. Vitamin dapat membantu menutup celah kekurangan senyawa kimia yang dibutuhkan ayam broiler untuk memperlancar sistem metabolisme tubuhnya. 

Sehingga, keberadaan vitamin sebagai imbuhan ransum pakan sangat penting untuk ayam broiler.

 

Baca juga artikel berikut ini:

Cara Mencegah dan Mengatasi Busung Lapar (Asites) Ayam Broiler

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *