Home Penyakit Ayam Penyakit Kaki Kering dan Lumpuh pada Ayam Broiler
ayam broiler fase brooding ayam broiler fase brooding

Penyakit Kaki Kering dan Lumpuh pada Ayam Broiler

Apakah anda pernah mengecek kaki ayam anda yang tiba-tiba menjadi kering atau tiba-tiba lumpuh seiring berjalannya waktu? Oleh karenanya, penyebab dan cara penanganannya sangat penting untuk diketahui oleh para peternak ayam broiler.

Kaki kering dan lumpuh pada ayam broiler adalah salah satu penyakit yang dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan ayam. Salah satu ciri dari gangguan pada kaki ayam ini bisa dilihat dari kondisinya yang lemas, tidak nafsu makan, bahkan menimbulkan kematian.

Dampak Terhadap Industri Perunggasan Broiler

Penyakit lumpuh dan kaki kering pada ayam broiler dapat berdampak negatif terhadap industri peternakan, baik dalam aspek kesehatan, kesejahteraan, maupun ekonomi. Secara kesehatan, penyakit ini mengurangi daya tahan tubuh ayam broiler, ayam menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan gangguan sistem tubuh lainnya. Dampak kesejahteraan mencakup rasa sakit, stres, kesulitan bergerak, dan penurunan nafsu makan pada ayam broiler yang menderita penyakit ini. Di sisi ekonomi, peternak menghadapi kerugian melalui penurunan produksi, pertumbuhan, dan bobot ayam broiler, sambil meningkatkan biaya produksi. Selain itu, nilai jual dan permintaan pasar juga dapat terpengaruh negatif. 

 

Gejala Penyakit Kaki Kering dan Lumpuh Ayam Broiler

  1. Kaki ayam menjadi kering, bersisik, kasar, dan bahkan berdarah
  2. Ayam menjadi lemas, tidak nafsu makan, dan pertumbuhannya terhambat
  3. Ayam mengalami gangguan gerak, pincang dan tidak bisa berjalan
  4. Ayam menjadi depresi, lesu, kerdil, bulu terbalik, dan kematian meningkat

Faktor Penyebab Kaki Kering dan Lumpuh dibagi menjadi 2 : 

  • Faktor Non Infeksius : Suhu, kelembaban, ventilasi, dehidrasi, defisiensi nutrisi, serta trauma pada kaki ayam akibat terjepit atau benda tajam.
  • Faktor Infeksius : Virus reovirus atau marek disease

Faktor Non Infeksius 

Dehidrasi, yaitu kekurangan cairan dalam tubuh ayam. Hal tersebut dapat terjadi karena DOC terlalu lama di Hatchery, pengiriman yang kurang baik atau bermasalah, tempat minum kurang, dan suhu kandang yang terlalu tinggi.

Ketidakseimbangan nutrisi dalam pakan ayam broiler. Jika kandungan karbohidrat dan lemak terlalu tinggi sedangkan protein, mineral, dan vitaminnya rendah, maka ayam akan tumbuh ke penimbunan lemak sedangkan pertumbuhan otot dan kerangka tulang akan lemah. Hal ini menyebabkan kaki ayam tidak kuat menahan laju pertumbuhan

Faktor Infeksius

Penyakit kaki kering pada ayam broiler adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor infeksius, seperti virus reovirus atau marek disease. Kedua penyakit ini menyerang sistem saraf dan organ-organ lainnya, menyebabkan gejala seperti lemas, tidak nafsu makan, berat badan menurun, kaki bengkak, kering, dan bersisik, serta kelumpuhan pada kaki, sayap, atau leher. 

Cara Penanganan Kaki Kering dan Lumpuh

  1. Lakukan pemisahan atau karantina pada ayam yang sakit atau lemah
  2. Optimalkan manajemen masa brooding, seperti suhu, kelembaban, ventilasi, kepadatan, sanitasi, alas pakan saat DOC in, dan pemberian pakan dan air
  3. Beli DOC yang berasal dari induk ayam yang telah divaksin reovirus oleh perusahaan pembibitan
  4. Berikan pengobatan, suplemen yang mengandung vitamin dan mineral

 

Dalam menghadapi masalah kaki kering dan lumpuh pada ayam broiler, pencegahan menjadi kunci utama. Dengan menjaga kebersihan kandang, memberikan nutrisi seimbang, dan merespons cepat terhadap gejala awal, peternak dapat mengurangi risiko kesehatan yang serius pada ayam.  

Referensi :

Fadilah, I. R. 2004. Aneka Penyakit pada Ayam & Cara Mengatasinya. AgroMedia.

Tamalluddin, F. 2012. Ayam broiler, 22 hari panen lebih untung. Penebar Swadaya Grup.

Ustomo, E. 2016. 99% Gagal beternak ayam broiler. Penebar Swadaya Grup.

Wibowo, F. A., Yunianto, V. D., & Krismiyanto, L. 2023. Penggunaan Ransum yang Ditambahkan Spirogyra sp. Terhadap Panjang dan Bobot Tulang Tibia Ayam Broiler.

Sari, W. L. 2021. Peran Usaha Peternakan Ayam Pedaging Terhadap Tingkat Perekonomian Masyarakat Di Desa Ranggang Kabupaten Tanah Laut.

———————————————————————–

Penulis : Sharla Febrianty

Penyunting : Adelia D Chahyani

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *