Home Tak Berkategori Ayam Asli Indonesia berharga 2500 US Dollar per Ekor, Adakah?

Ayam Asli Indonesia berharga 2500 US Dollar per Ekor, Adakah?

Tahukah kamu jika ada Ayam asli Indonesia yang memiliki harga yang sangat mahal, satu ekor dihargai dengan 2500 USD dan jika dirupiahkan hanya dengan nilai 1 dolar = Rp. 10.000, maka satu ekor ayam itu berharga Rp. 25.000.000 per ekor, apakah itu? Simak Artikel dengan klik lanjutkan membaca dibawah ini
Share Artikel ini ke:

 

Tidak banyak yang tahu jika di Indonesia memiliki ayam yang memiliki kategori harga yang sangat mahal di dunia. Dilansir dari Bussinesinsider (https://www.businessinsider.com/most-expensive-chicken-2013-9?IR=T) yang menceritakan bahwa seorang bernama Paul Bradshaw dan bekerja sebagai breeder dari Florida, pernah menjual ayamnya dan laku dengan harga 2500 $USD, dan ayam tersebut adalah ayam yang asli berasal dari Indonesia.

Ayam yang sering kita kenal dengan ayam cemani dan berasal dari Jawa Tengah, Indonesia ini memiliki warna hitam pekat di semua bagian tubuhnya termasuk bulu, kulit, kaki, bahkan diatas lidahnya. Warna hitam ini dikarenakana adanya faktor genetik yang sering disebut dengan “fibromelanosis”. Ayam ini di luar negeri sering disebut dengan “Chicken of Lamborghini.”

Lalu menjadi banyak pertanyaan bagi kita, mengapa ayam ini menjadi hal yang istimewa dan banyak dicari oleh kolektor? Jawabannya adalah : karena ayam ini dinilai oleh kolektor menjadi ayam yang indah, eksotis dan sulit untuk didapatkan. Itulah alasan yang juga harus kita pegang teguh mengapa kita harus bangga dan juga berusaha melestarikan sumber daya genetik ternak yang ada di Indonesia, khususnya adalah untuk ternak unggas yang eksotis.

Mari saling bahu membahu untuk dapat memberikan kontribusi yang positif dengan mengembangkan dan juga melestarikan ayam asli Indonesia.

Penulis :

Galuh Adi Insani (Data Analysis BroilerX dan Dosen Fakultas Peternakan UGM)

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *