Home Hobby Upaya Pelestarian Ayam Asli Indonesia bersama Pakyo dan P3AKSI

Upaya Pelestarian Ayam Asli Indonesia bersama Pakyo dan P3AKSI

Indonesia memiliki kondisi alam yang luar biasa subur, tidak saja dianugrahi dengan sumber daya alam yang luar biasa beragam, namun juga memiliki banyak jenis sumber daya genetik yang beraneka ragam, tidak terkecuali adalah ayam ketawa. Ayam ketawa jika ditelisik dari sumber asalnya adalah merupakan ayam asli dari wilayah kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Ayam ini dinamai demikian karena bunyi kokoknya yang menyerupai bunyi tertawa manusia. Ayam ketawa merupakan hewan yang masuk dalam kategori unggas yang dilindungi, dikarenakan keberadaannya yang langka dan hampir punah. (Sumber : Wikipedia).

Dari sinilah perlu adanya upaya dalam pelestarian ayam ketawa tersebut, dan salah satu yang diupayakan oleh Fakultas Peternakan UGM adalah dengan cara melakukan pendampingan dalam upaya peduli pelestarian ayam ketawa dan pernah dan terus berkembang hingga sekarang bersama Fakultas Peternakan UGM dan Paguyuban Pecinta Ayam Ketawa Yogyakarta (PAKYO) dan Persatuan Pemelihara dan Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia (P3AKSI) Jawa Tengah. Melalui kegiatan Temu Guyub Pecinta Ayam Ketawa, Sabtu (9/11) di arena Gebyar Lustrum X Fapet UGM. (sumber : Fakultas Peternakan UGM Peduli Pelestarian Ayam Ketawa).

Kegiatan ini masih berlanjut dengan diadakannya latihan bersama dan juga komuniasi secara intens dengan menggunakan Whatsapp Group dari pengurus PAKYO dan juga komunitas ayam ketawa yang ada di Jogja dan Jawa Tengah, juga dibuka group Facebook dan terbuka untuk umum melalui laman FB dengan alamat : Hobi Ayam Ketawa Yogyakarta

Berikut adalah foto saat melakukan kegiatan latihan bersama :

Kami juga menunggu dukungan dan juga kehadiran dari pembaca blog BroilerX semua di media yang sudah kami sebutkan diatas.

Ikuti terus berita terbaru dari BroilerX, melalui teknologi, kami berkembang bersama Peternak Ayam Broiler di Indonesia.

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *