Home Informasi Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler
Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler

Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler

Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler

  • Teknologi  peternakan  ayam  broiler terus berkembang, bahkan hingga ke tingkat pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembudidayaannya, namun belum semua peternak mampu secara efektif mengadopsi teknologi tersebut
  • Dengan mengadopsi teknologi diharapkan peternak dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas budidaya ayam yang diupayakannya
  • Teknologi perkandangan tertutup yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital adalah langkah lebih lanjut untuk peningkatan efisiensi budidaya ayam

Adopsi Teknologi Perunggasan pada Peternakan Ayam Broiler

Seiring dengan peningkatan perekonomian masyarakat, meningkat pula permintaan akan produk-produk sumber protein hewani, sehingga mampu membuka peluang bagi peternak untuk mengembangkan usaha ternaknya. Ayam pedaging atau broiler sebagai salah satu sumber utama pemenuhan protein hewani masyarakat Indonesia, berkat kemajuan ilmu dan teknologi, dapat diproduksi secara cepat.

Namun, budidaya ayam broiler yang dikenal pula sebagai ayam modern memerlukan bibit, pakan, dan manajemen yang baik. Teknologi  peternakan ayam broiler terus berkembang, bahkan hingga ke tingkat pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembudidayaannya. Namun, belum semua peternak mampu secara efektif mengadopsi teknologi tersebut.

Adopsi merupakan proses mental dalam mengambil keputusan untuk menerima atau menolak suatu ide, dan menegaskan lebih lanjut tentang penerimaan atau penolakan ide tersebut. Kemampuan  peternak dalam  mengadopsi teknologi sangat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari  dalam diri peternak itu sendiri, serta dari luar diri peternak, juga dari faktor kelembagaan. Perbedaan antara faktor yang membentuk penerimaan ini akan menyebabkan terjadinya perbedaan adopsi teknologi.

“Dengan mengadopsi teknologi diharapkan peternak dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas budidaya ayam yang diupayakannya,” kata Chief Operating Officer (COO) BroilerX, Pramudya Rizki Ruandhito. Ia memaparkan, teknologi di budidaya ayam broiler yang saat ini mendesak untuk diadopsi peternak adalah teknologi perkandangan closed house (kandang tertutup) dan teknologi digital yang diterapkan di dalamnya. Pemanfaatan teknologi tersebut akan mendongkrak daya saing, peningkatan efisiensi untuk memenuhi tuntutan pasar, dan menyiasati gejolak perubahan iklim.

Teknologi perkandangan tertutup dimaksudkan untuk menutup kekurangan dari sistem kandang terbuka (open house). Hal itu dikarenakan pada kandang tertutup, semua kondisi yang ada di dalam kandang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan ayam, sehingga dapat dioptimalkan performa dan produktifitasnya. Suhu,  kelembaban, serta kecepatan angin di dalam kandang dapat diatur sesuai kebutuhan ayam, sehingga zat-zat beracun dalam kandang dapat dikeluarkan secepatnya, sehingga ayam selalu mendapatkan oksigen yang bersih dan mencukupi.

Kelebihan kandang tertutup berikutnya adalah kepadatan ayam per meter persegi dapat dioptimalkan, sehingga hasil per meter persegi akan lebih berat dan seragam dengan didukung oleh kondisi di dalam kandang yang telah diatur sesuai dengan kebutuhan ayam. Kandang tertutup juga lebih efisien secara pemanfaatan lahan, misalnya dengan pembuatan kandang tertutup secara bertingkat.

Teknologi kandang tertutup tersebut sarat dengan pemanfaatan teknologi, sehingga peternak yang tidak mau mendopsi teknologi perkandangan tersebut dikhawatirkan akan tersingkir pelan-pelan. Hal itu disebabkan persaingan dalam bisnis budidaya ayam saat ini lebih ditentukan pada faktor efisiensi dan kemauan untuk berubah mengikuti perkembangan teknologi yang mendukung.

Apalagi ayam modern saat ini cenderung lebih rentan dan lebih membutuhkan tata laksana pemeliharaan yang lebih rumit, sejak dari segi pemilihan sarana produksi ternak (sapronak) dan lingkungan kandang yang harus disesuaikan dengan kebutuhan ternak hingga waktu yang tepat untuk pemanenannya. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi akan mampu mengontrol budidaya ayam sejak awal, sehingga bisa mengoptimalkan performa ayam sesuai dengan kemampuan genetikanya.

Pramudya Rizki Ruandhito memaparkan, teknologi perkandangan tertutup yang dipadukan dengan teknologi digital adalah langkah lebih lanjut untuk peningkatan efisiensi budidaya ayam. Teknologi digital itu, antara lain adalah IoT atau Internet Of Things (IoT), yang merupakan perangkat untuk segala, adalah suatu konsep perangkat yang mampu mentransfer data tanpa perlu terhubung dengan manusia, melainkan melalui internet sebagai medianya.

Di kandang tertutup, agar suhu dan kelembaban di dalam kandang dapat terjaga sesuai dengan kebutuhan ayam, maka ada satu sensor khusus untuk mengatur suhu ruangan agar tetap terjaga dalam kondisi nyaman bagi ternak. Sensor itu dapat diatur secara digital, sehingga apabila suhunya lebih tinggi dari yang seharusnya, maka secara digital akan akan menyalakan kipas exhaust (exhaust fan) untuk mengeluarkan panas dalam kandang.

Teknologi kandang tertutup dan teknologi digital adalah sarana untuk membantu dalam proses budidaya ayam. Hal utama yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah sumber daya manusia (SDM) yang mudah mengadopsi teknologi. Jika teknologi terkini berbudidaya ayam telah tersedia, namun SDM di industri perunggasan tidak mampu mengadopsi teknologi tersebut, maka target efisiensi dan peningkatan produktifitas akan sulit dicapai. Maka, industri perunggasan beserta SDM-nya harus senantiasa siap untuk mengadopsi teknologi terkini agar dapat dimanfaatkan untuk mingkatkan performa ayam yang dibudidayakannya.

 

Tentang BroilerX

merupakan perusahaan teknologi yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’. 

BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Aldi | BroilerX |  0822-3382-9339, 0811 2648 133 | [email protected]

 

Baca Juga Artikel Berikut Ini:

Kesiapan Peternak Ayam dalam Memasuki Era Industri 4.0

 

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *