Pengaruh Arah Kandang Terhadap Performa Ayam Broiler

Pengaruh Arah Kandang Terhadap Performa Ayam Broiler

Arah Kandang

Performa ayam broiler dapat diukur dengan beberapa parameter, seperti mortalitas, konsumsi pakan, bobot badan, konversi pakan, dan indeks performa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa arah kandang yang menghadap ke timur-barat dapat meningkatkan performa ayam broiler.

Kandang memiliki peran yang cukup penting untuk menciptakan kondisi iklim mikro yang diinginkan supaya proses-proses fisiologisnya dapat berjalan sempurna dan ayam yang dipelihara dapat tumbuh dengan baik. Iklim mikro merupakan iklim pada suatu ruang terbatas dan sangat berpengaruh pada makhluk hidup pada ruang tersebut.

Arah Kandang 

Arah kandang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi iklim mikro di dalam kandang. Hal tersebut berhubungan dengan suhu, kelembaban, dan sirkulasi udara. 

Arah kandang ayam broiler

Arah kandang yang baik yaitu, menghadap ke arah timur-barat. Arah kandang yang menghadap ke timur-barat sehingga matahari tidak langsung masuk ke dalam kandang. Paparan matahari atau sinar ultraviolet (UV) berbahaya bagi ayam broiler, karena sinar matahari (UV) dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh ayam.

Arah kandang yang menghadap utara-selatan dapat meningkatkan kelembaban relatif di dalam kandang. Hal tersebut dikarenakan, sinar matahari langsung masuk ke dalam kandang dan meningkatkan penguapan air dari permukaan alas kandang (litter). Kelembaban relatif yang tinggi dapat menurunkan performa ayam broiler, karena dapat mengurangi kemampuan ayam untuk menghilangkan panas tubuh melalui evaporasi atau parahnya dapat menyebabkan heat stress pada ayam. Heat stress dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, dehidrasi, penurunan produksi, dan bahkan kematian pada ayam broiler. Selain itu arah kandang yang menghadap utara-selatan ventilasi susah diatur, dan adanya kepadatan semu. Kepadatan semu merupakan kondisi ayam yang mengumpul di salah satu sisi kandang yang tidak terkena matahari langsung. Kondisi ini biasanya terjadi pagi dan sore hari ketika matahari masuk ke dalam kandang. Akibat dari kepadatan semu adalah suhu dan gas beracun di salah satu sisi kandang meningkat karena kepadatan menjadi tinggi dan distribusi tempat pakan dan minum menjadi tidak seimbang.

Arah kandang yang menghadap timur-barat dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kandang, karena dapat memanfaatkan angin dominan yang bertiup dari arah barat. Kualitas udara yang baik dapat meningkatkan performa ayam broiler, karena dapat menyediakan oksigen yang cukup dan mengurangi konsentrasi gas beracun seperti amonia, karbon dioksida, dan hidrogen sulfida. 

Selain itu peternak juga memperhatikan beberapa faktor lain yang mempengaruhi performa ayam broiler, seperti suhu lingkungan, kepadatan populasi ayam, dan ventilasi yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share artikel ini ke media platform lain dan baca artikel lain dari BroilerX!

Referensi : 

Wardani, H. O. E. 2020. Pengaruh Suhu dan Kelembaban pada Kandang Semi Tertutup Terhadap Pertambahan Bobot Ayam dan Konversi Ransum di Peternakan Ayam Broiler Kemitraan PT. Super Unggas Jaya Desa Jatilankung Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Susanti, E. D., Dahlan, M., dan Wahyuning, D. 2016. Perbandingan Produktivitas Ayam Broiler Terhadap Sistem Kandang Terbuka (Open House) dan Kandang Tertutup (Closed House) di UD Sumber Makmur Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ternak, 7(1).

Risna, D., Jamili, M. A., dan Syam, J. 2022. Sistem Perkandangan Ayam Broiler Di Closed House Chandra Munarda Kabupaten Takalar. Jurnal Sains dan Teknologi Industri Peternakan, 2(1), 16-22.

Hariadi, H. 2021. TA: Sarana dan Prasarana Budidaya Ayam Broiler di Kandang Close House PT Sinar Ternak Sejahtera Farm Banjar Negeri Lampung Selatan (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Lampung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *