Home Informasi Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional Indonesia
Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional

Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional Indonesia

Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional

  • Harga ayam hidup sering berfluktuasi secara tajam menyebabkan para pelaku usaha di bisnis ini resah, karena kejadian tersebut kerap berulang
  • Para pemangku kepentingan baik pelaku bisnis unggas, pemerintah dan akademisi harus bersinergi secara bersama-sama menyelesaikan perunggasan nasional secara profesional untuk dapat dihasilkan produk hasil unggas yang berdaya saing
  • Semua pemangku kepentingan diharapkan senantiasa bersatu untuk meredam gejolak harga dan menjaga kestabilan bisnis perunggasan

Momentum Kebangkitan Perunggasan Nasional

Harga ayam pedaging hidup (livebird) acapkali tidak menentu, berfluktuasi secara tajam, dan bahkan kerap berada jauh dari batas ketentuan harga atas dan bawah yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan. Hal itu kerap menghantui tidak hanya para peternak, namun juga para pelaku bisnis terkait dengan ayam hidup tersebut.

Para pelaku bisnis unggas yang resah, karena permasalahan unggas yang hingga kini belum selesai. Padahal pemerintah sudah beberapa kali mengeluarkan bermacam-macam regulasi untuk mengatur keseimbangan suplai dan demand ayam, sehingga harga ayam hidup tidak terlalu berfluktuasi.

Yang patut dicermati adalah segala permasalahan unggas tidak bisa diselesaikan secara reaktif seperti pemadam kebakaran. Para pemangku kepentingan baik pelaku bisnis unggas, pemerintah, dan akademisi harus bersinergi secara bersama-sama menyelesaikan masalah perunggasan nasional secara profesional untuk dapat dihasilkan produk hasil unggas yang berdaya saing.

Langkah pertama adalah melakukan penghitungan secara transparan, total, dan serentak, baik GPS maupun PS-nya. Hal itu penting untuk bisa menentukan jumlah total produksi ayam secara nasional, untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Dengan cara demikian, maka akan diketahui jumlah ayam FS sebagai produk akhir industri pembibitan dan pembiakan setiap minggu, setiap bulan, dan bahkan setiap tahun, serta setiap siklus kehidupan ayam.

Untuk mendukung transparansi dan kemajuan perunggasan yang sehat dan kompetitif, maka akan lebih baik jika pemerintah dapat mengeluarkan regulasi yang kondusif, proporsional, profesional, dan tidak bias kepentingan. Hal itu perlu didukung juga dengan regulasi dari pemerintah daerah yang mendukung pemerintah pusat dalam memberikan iklim berusaha yang baik bagi pelaku usaha perunggasan.

Demikian juga terhadap peternak, pemerintah diharapkan dapat memfasilitasi semua kebutuhan peternak dalam rangka meningkatkan produktifitas dan efisiensi usahanya. Salah satu langkahnya adalah peternak dapat bersatu dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan perunggasan yang lain, sekaligus bersama-sama mengadopsi teknologi untuk tujuan efisiensi dan peningkatan produktifitas usaha yang dijalaninya.

Dengan berbagai langkah tersebut dan melalui momentum puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, industri perunggasan nasional dapat bangkit dari keterpurukan dan bahkan dapat meningkatkan daya saing perunggasan secara nasional.

Hal itu perlu ditekankan, karena semua pemangku kepentingan diharapkan dapat senantiasa bersatu untuk meredam gejolak harga, menjaga kestabilan bisnis perunggasan, dan menjadikan industri perunggasan semakin efisien dan produktif, sehingga memiliki daya saing tinggi dengan produk dari luar negeri. Karena, sesungguhnya musuh bersama perunggasan nasional adalah ancaman masuknya produk hasil unggas impor.

Tentang BroilerX

merupakan perusahaan teknologi yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’. 

BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Aldi | BroilerX |  0822-3382-9339, 0811 2648 133 | [email protected]

 

Baca juga artikel berikut:

Tips Agar Tidak Mengalami Kerugian dalam Menyusun Pakan Ayam Pedaging

 

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *