Home Informasi Konsumsi Daging Ayam Broiler Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Konsumsi Daging Ayam Broiler Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Konsumsi Daging Ayam Broiler Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Daging ayam broiler

Penyakit Alzheimer, ditemukan oleh dokter Alois Alzheimer pada tahun 1907 dari kasus seorang wanita berusia 51 tahun dengan masalah ingatan dan kognitif. Dengan populasi lanjut usia yang terus bertambah, penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer, tumor, stroke berulang, dan lainnya menjadi penyebab utama demensia. Alzheimer sendiri menyumbang sekitar 50-60% kasus, diikuti oleh penyebab cerebrovascular sekitar 20%. Jumlah kasus demensia, terutama Alzheimer, terus meningkat, mencapai tingkat epidemi, seperti di Amerika dengan 187 kasus per 100.000 orang setahun dan 123 kasus per 100.000 orang untuk Alzheimer, menjadikannya penyebab kematian yang signifikan.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak degeneratif yang menyebabkan penurunan progresif dalam sejumlah aspek, termasuk ingatan, kemampuan kognitif, kemampuan berbicara, dan perilaku. Gejalanya meliputi kesulitan dalam berkomunikasi, mengenali wajah, depresi, delusi, kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, perubahan kepribadian, dan penurunan fungsi otak seiring berjalannya waktu. Penyebab Alzheimer melibatkan penumpukan protein abnormal yang mengganggu kinerja sel-sel saraf, serta faktor genetik, gaya hidup, dan lingkungan. Saat ini, belum ada metode penyembuhan untuk Alzheimer, namun terdapat obat-obatan dan konsumsi pangan yang dapat memperlambat perkembangan gejalanya. Pencegahan penyakit alzheimer melibatkan gaya hidup sehat, seperti pola makan dan pemilihan bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Daging ayam merupakan salah satu hasil ternak yang harganya relatif terjangkau dan memiliki kandungan gizi yang baik. Daging ayam broiler mengandung asam lemak omega-3, vitamin B1, B3, B6, B12, dan D. Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA bermanfaat bagi kesehatan manusia termasuk dalam hal menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, serta keseimbangan kalsium dalam tubuh. Vitamin D membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel saraf yang terkait dengan Alzheimer. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan memori.

Bagian paha ayam diketahui mengandung lemak omega-3 dan bermanfaat jika dikonsumsi setiap hari. Asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA terdapat pada jaringan subkutan ayam. Namun, kandungan asam lemak omega-3 pada daging ayam jumlahnya tidak terlalu tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 dapat ditingkatkan dengan memberikan minyak ikan atau minyak biji flax pada pakan ternak ayam broiler. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa Chlorella (alga laut) dapat digunakan sebagai sumber asam lemak omega-3, terutama dalam bentuk asam linoleat sekitar 27,73% dalam pakan ternak ayam broiler. Chlorella juga dikenal mempunyai kandungan gizi yang baik terbukti dengan hasil penelitian pada ayam broiler dimana pakan ayam yang diberi Chlorella dapat memberikan peningkatan berat badan 6% lebih tinggi daripada pakan kontrol.

Karkas ayam

Namun, yang perlu diingat, meskipun asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer, mereka bukanlah pengganti untuk diagnosis atau perawatan medis. BroilerX memberikan solusi ketahanan pangan sebagai penyedia karkas ayam segar dan beku dengan kualitas yang terjamin serta sudah bersertifikasi halal. Karkas berasal dari ayam yang kami budidaya sendiri bersama mitra peternak kami dengan sistem yang terintegrasi secara digital dan didukung dengan teknologi smart farming. produk karkas ayam dan produk-produk turunan karkas ayam seperti parting paha, boneless, by produk, dan lain-lain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share artikel ini ke media platform lain dan baca artikel lain dari BroilerX!

Referensi :

Japardi, I. 2002. Penyakit Alzheimer. Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

Kristy, N. C., dan Mahmudiono, T. 2022. Mengoptimalkan Asupan Zat Gizi sebagai Upaya Preventif dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Mental: Sebuah Tinjauan Literatur Optimizing Nutrient Intake as a Preventive Effort in Overcoming Mental Health Problem: A Literature Review.

Mulik, S. E., Mullik, M. L., dan Ly, J. 2016. Pengaruh Penambahan Tepung Krokot Dalam Ransum Terhadap Kandungan Total Kolesterol, Omega 3 dan Omega 6 Dalam Daging Ayam Broiler. Jurnal Nukleus Peternakan, 3(1), 86-92.

Mulyawan, A., Hunaefi, D., dan Hariyadi, P. 2018. Karakteristik Lipid Terstruktur Hasil Transesterifikasi Enzimatik antara Minyak Ikan dan Minyak Kelapa Murni. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(2), 317-327.

Rachmawati, K. 2003. Upaya Memperkaya Jaringan Lemak Subkutan Ayam Dengan Asam Lemak Omega 3 Melalui Penggunaan Chlorella Sebagai Pakan Ayam Broiler: Penelitian Eksperimental Laboratoris (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Widayati, R. S., Muchotimah, M., dan Sukmawati, R. D. 2023. Pemberdayaan Kader Bina Keluarga Balita Aisyiyah Dengan Gerakan Pencegahan Kurang Gizi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Empati (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 4(1), 46-54.

Penulis : Sharla Febrianty

Penyunting : Adelia D Chahyani

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *