Home Informasi Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan
Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan

Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan

Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan

  • Sistem ketertelusuran (traceability system) merupakan langkah terintegrasi dalam penerapan penjaminan mutu dan keamanan industri perunggasan
  • Sistem ketertelusuran antara lain dilakukan dengan melakukan identifikasi berbagai sarana produksi ternak dan tahap proses produksi produk hasil unggas
  • Pemanfaatan teknologi digital dapat lebih memudahkan penerapan system ketertelusuran pada produk hasil unggas

Pentingnya Sistem Ketertelusuran di Industri Perunggasan

Upaya penjaminan mutu dan keamanan suatu produk hasil perunggasan, maka salah satu langkah dalam rangka meningkatkan kepercayaan konsumen dengan penerapan sistem penjaminan mutu produk melalui sistem ketertelusuran atau traceability system. Hal itu perlu diterapkan sebagai tuntutan perkembangan jaman dan era globalisasi yang makin menuntut adanya sistem ketertelusuran yang kini telah menjadi salah satu standar yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan ekspor produk unggas.

Penerapkan sistem ketertelusuran pada industri perunggasan dapat meningkatkan penjaminan keamanan pangan produk, karena kemudahan untuk identifikasi sumber kontaminan, kemudahan dalam proses penarikan produk, dan pengendalian risiko penyakit bawaan pangan.

“Sistem ketertelusuran pada produk hasil unggas merupakan suatu proses terpeliharanya seluruh catatan pada setiap rantai produksi yang dimulai dari sejak pemeliharaan ayam di kandang sampai ke proses pemanenan hingga  produk olahannya,” kata Chief Marketing Officer (CMO) BroilerX, Galuh Adi Insani.

Pemeliharaan catatan pada sistem ketertelusuran tersebut, jelas Galuh, akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kasus keamanan pangan yang bersumber unggas, misalnya adanya patogen, kontaminasi residu antibiotik yang melebihi ambang batas, dan ancaman penyimpangan lain.

Selain jaminan keamanan produk unggas, konsumen juga menuntut adanya jaminan kehalalan produk hasil unggas, di mana hal itu bisa direalisasikan melalui sistem ketertelusuran halal yang terpadu. Hal itu disebabkan produk hasil unggas yang halal merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi, agar produk hasil unggas dapat dikonsumsi oleh masyarakat muslim.

Produk hasil unggas akan diberi label halal oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH), jika setiap tahap produksi dan bahan tambahan yang digunakan semuanya memenuhi persyaratan halal. Melalui sistem ketertelusuran yang komprehensif, maka informasi kehalalan produk hasil unggas akan dapat diketahui dengan jelas.

Penerapan sistem penjaminan mutu dan keamanan produk hasil unggas dengan sistem ketertelusuran di sepanjang rantai pasok tersebut telah menjadi syarat mutlak di industri pengolahan produk unggas dalam upaya penjaminan mutu dan keamanan produk hasilnya. Terlebih lagi, jika produk tersebut ditujukan ke arah ekspor, maka sistem ketertelusuran menjadi syarat mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar.

Adapun sistem penjaminan mutu dan keamanan produk hasil unggas dapat menerapkan sistem ketertelusuran, antara lain dengan melakukan identifikasi penyedia pakan, penyedia anak ayam, penyedia produk kesehatan ternak, serta penyuplai sarana produksi ternak lainnya. Identifikasi berikutnya juga dilakukan pada awal sistem pemeliharaan hingga umur panen, proses pasca panen dan pemanenan, proses penyembelihan, proses pengolahan RPHU, dan industri pengolahannya. Identifikasi lainnya adalah proses pengemasan, penerapan sistem rantai dingin, serta proses pendistribusian hingga ke ritel atau masyarakat.

Galuh Adi Insani menambahkan, perangkat untuk merekam semua informasi dan cara perekaman dalam sistem ketertelurusan dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital dengan sistem penyimpanan data secara real time. Ketersediaan database elektronik yang baik akan memudahkan proses ketertelusuran. Pemanfaatan teknologi digital terkini dengan penggunaan Internet of Things (IoT) yang memberikan data secara real time akan memperlancar penerapan sistem ketertelusuran produk hasil unggas tersebut.

 

Tentang BroilerX

merupakan perusahaan teknologi yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’. 

BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Aldi | BroilerX |  0822-3382-9339, 0811 2648 133 | [email protected]

 

Baca Juga Artikel Berikut Ini:

Menyeimbangkan Program Afkir dan Peremajaan Budidaya Ayam Petelur

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *