Home Informasi Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam
Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam

Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam

Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam

  • Sebagai industri penyedia protein hewani utama bangsa Indonesia, industri perunggasan dengan berbagai tantangannya harus mencari berbagai solusi agar dapat bertahan, dan bahkan tumbuh di tengah gencarnya arus globalisasi
  • Efisiensi serta peningkatan produktifitas ayam menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi dalam budidaya ayam di era global saat ini
  • Pemanfaatan teknologi digital merupakan alat bantu yang bisa dipergunakan oleh pelaku usaha untuk mempermudah proses jalannya usaha perunggasan

Teknologi Efisiensi dan Peningkatan Produktifitas Budidaya Ayam

Sebagai lini bisnis yang telah berkembang begitu pesat dalam peranannya sebagai penyuplai utama kebutuhan sumber protein hewani masyarakat Indonesia, industri ayam pedaging (broiler) dihadapkan dengan segudang tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Kelebihan suplai broiler yang terjadi pada industri ini, mengharuskan para pelaku usaha untuk mencari berbagai solusi agar tetap bertahan bahkan tumbuh, serta memiliki daya saing yang baik di tengah gencarnya globalisasi.

Dari aspek budidaya ayam broiler, “efisiensi serta peningkatan produktifitas pun menjadi harga mati. Hal itu dapat terwujud dengan penerapan teknologi di lapangan,” kata Direktur Utama BroilerX, Prastyo Ruandhito dalam acara Indonesia Livestock Club (ILC) edisi ke 24 yang mengangkat tema “Catatan Awal Perunggasan 2023” yang dilaksanakan secara daring pada Minggu (19/2).

Narasumber lain yang hadir pada acara rutin ILC tersebut, yakni Guru Besar Fapet UGM,  Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng., Ketua Umum PINSAR Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M., dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T. yang diwakili oleh Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa.

Dengan kelebihan suplai broiler yang terjadi saat ini, menurut Prastyo Ruandhito terdapat 3 hal dalam aspek budidaya ayam yang harus diperhatikan, yakni kenaikan harga bahan baku, inefisiensi produksi, dan biaya operasional yang tinggi.

Selain itu, ia melihat bahwa kesulitan manajemen dan pemanfaatan data produksi, serta usaha yang belum akuntabel yang juga membuat budidaya terasa berat. Untuk itu, usaha budidaya se-efisien mungkin, dengan menekan biaya sebanyak-banyaknya tanpa mengabaikan performa produksi menjadi sebuah kunci. Dan teknologi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut.

“Lantas pertanyaannya, teknologi semacam apa yang dapat membuat usaha budidaya berjalan efisien? Pertama, tentu teknologi tersebut harus berbasis dengan kebutuhan. Artinya tidak harus mahal. Teknologi yang hendak digunakan juga harus mudah diakses dan memberikan manfaat serta dapat mengoptimalkan produksi. Selain itu, teknologi juga harus dapat menekan biaya produksi, tanpa mengurangi performa, serta jelas kapan hitungan balik modalnya,” jelasnya.

Prastyo Ruandhito menambahkan, BroilerX memfokuskan diri pada penyediaan teknologi digital perunggasan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan efisiensi budidaya broiler, seperti IoT Smart Climate Control yang dapat memonitoring kondisi kandang di mana saja secara real time. Melalui fitur ini, peternak dapat melakukan kontrol suhu, kelembaban, kecepatan angin, pemanas, kadar amonia, konsumsi pakan, dan air yang secara langsung dapat dipantau melalui ponsel.

Selain itu, juga terdapat BroilerX Apps yang memudahkan pencatatan budidaya secara akurat, aman, paperless, dan real time, seperti FCR, IP, HPP, stok gudang, dan lain-lain. Semua itu dapat dimanfaatkan sebagai early warning system bagi peternak. Hal itu dikarenakan dalam kondisi apapun peternak harus segera tahu kondisi di lapangan, sehingga memudahkan dalam mengambil sebuah keputusan.

Dan perangkat berikutnya yang dikembangkan adalah BroilerX Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat mempermudah pengelolaan usaha, mulai dari human resource, penjualan, finance, operasional, pemasaran, dan lain sebagainya, lengkap mulai dari hulu hingga hilir. ERP sangat penting digunakan oleh para pelaku usaha, baik di tingkat manufaktur ataupun peternak budidaya.

Dalam pemanfaatan teknologi digital tersebut, kemampuan suatu usaha perunggasan untuk menyerap berbagai teknologi terkini menjadi faktor terpenting, sehingga adopsi teknologi dapat berlangsung dengan baik, dan seoptimal mungkin dapat diraih manfaatnya. Untuk itu, suatu usaha perunggasan harus bisa mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya agar dapat mengadopsi teknologi digital dan sebesar-besarnya termanfaatkan bagi aktivitas usaha yang dijalani.

“Keunggulan pemanfaatan teknologi inilah yang menjadi salah satu faktor penentu penting dalam peningkatan daya saing baik di tingkat regional maupun global. Jika hal itu bisa diterapkan oleh para pelaku usaha perunggasan di Indonesia, maka daya saing pun akan meningkat. Intinya, usaha harus berjalan efisien, produksi maksimal, biaya ditekan seminimal mungkin, dan ujungnya pendapatan peternak bisa meningkat,” kata Prastyo Ruandhito.

 

Tentang BroilerX

merupakan perusahaan teknologi yang mempunyai visi menyediakan layanan peternakan unggas modern dengan dukungan teknologi mutakhir terbaik di kawasan Asia Tenggara. Dengan misi penerapan peternakan unggas yang presisi, penyediaan layanan dan produk teknologi yang terjangkau untuk usaha perunggasan, serta menghubungkan ayam, peternak dan konsumen, BroilerX berkomitmen menumbuhkan nilai-nilai ‘presisi’, ‘kolaborasi’, dan ‘tanggung jawab’. 

BroilerX juga bertekad membantu pertumbuhan UMKM bidang peternakan unggas, menyediakan layanan konsultasi peternakan unggas, penyediaan teknologi informasi dan otomatisasi peternakan ayam, analisis big data dan kecerdasan buatan, serta optimalisi dan efisiensi proses produksi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Aldi | BroilerX |  0822-3382-9339, 0811 2648 133 | [email protected]

 

Baca juga artikel berikut ini:

Berbagai Tantangan Halal Haram Terkait Produk Hewani

 

 

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *