Home Informasi Chicken Anemia Syndrome : Penyebab dan Cara Menanganinya!
Chicken Anemia Syndrome Chicken Anemia Syndrome

Chicken Anemia Syndrome : Penyebab dan Cara Menanganinya!

Chicken Anemia Syndrome

Chicken Anemia Syndrome (CAS) merupakan penyakit unggas yang sering menyerang ayam yang berusia muda. Penyakit ini bersifat akut sehingga apabila tidak ditangani dengan serius akan berakibat fatal bagi peternak.

Penyakit ini ditandai dengan adanya anemia aplastika dan atrofi organ limfoid yang menyebabkan terjadinya immunosupresif pada ayam muda. Apabila ayam telah terserang penyakit ini, maka kekebalan tubuhnya akan menurun sehingga memicu terserangnya penyakit lain. 

Cara Penularan Penyakit Chicken Anemia Syndrome 

CAS disebabkan oleh virus pada kelompok circovirus. Semua ayam yang masih berusia kurang dari dua minggu akan sangat rentan terserang oleh virus ini dimana kekebalan tubuh ayam tidak memiliki antibodi maternal. Penyakit ini dapat mudah menular dari satu individu ke dalam sebuah populasi.  Namun yang sering terjadi adalah penyerangan virus ini terjadi melalui telur. 

Gejala yang Ditimbulkan dari Chicken Anemia Syndrome (CAS)

Ayam yang terinfeksi virus circovirus biasanya tidak langsung menunjukkan gejala yang jelas. Akan tetapi gejala awal bisa dilihat dari produktivitas yang mengalami penurunan. Gejala yang paling sering ditemukan adalah terdapat tanda-tanda dimana ayam mengalami stunting atau perlambatan pertumbuhan dan anoreksia. Selain itu, terdapat gejala fisik yang lain seperti jengger ayam yang berwarna pucat, bulu ayam berdiri, adanya lesi fokal pada kulit, dan kulit mengalami kerusakan yang ditandai dengan warna yang berubah menjadi kebiruan. 

Dampak Ekonomi Akibat Chicken Anemia Syndrome (CAS)

Infeksi subklinis akibat dari penyakit ini menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan di kalangan peternak. Bahkan dalam sebuah kasus pernah diperhitungkan bahwa efek penurunan keuntungannya dapat mencapai 17,3-19,6%. Kerugian tersebut sejalan dengan adanya penurunan bobot badan signifikan yang bisa mencapai 3,3-3,5%. Selian itu, mortalitas yang tinggi serta kekebalan tubuh yang sangat berisiko terhadap penyerangan penyakit lain juga menjadi faktor utama yang menyebabkan kerugian ekonomi yang besar di kalangan peternak. 

Cara Mencegah agar Ayam Broiler Tidak Mudah Terserang Chicken Anemia Syndrome (CAS)

Penyakit CAS disebabkan oleh virus sehingga cara yang paling tepat untuk mencegah terjadinya infeksi adalah dengan adanya program vaksin yang intensif.  Peternak juga diwajibkan untuk menjaga lingkungan kandang agar selalu bersih dan sehat agar tidak menjadi sarang virus yang menyebabkan penyakit ayam.  Apabila di dalam kandang didapati ayam telah terinfeksi CAS, maka langsung saja dilakukan culling atau pemisahan dari populasi. Kemudian peternak bisa memberlakukan program sterilisasi kandang dengan menggunakan desinfektan. Setelah itu, ayam yang diculling langsung diberikan antibiotik beserta vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Untuk menjaga dan memonitor performa ayam secara real time, kamu perlu mencoba integrasi teknologi tepat guna dari BroilerX!

 

Baca juga artikel kami tentang :

Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Avian Encephalomyelitis (AE) pada Ayam Broiler

Share Artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *